Junta Myanmar Tolak Pengungsi Musim Rohingya

Anton Suhartono ยท Senin, 24 Mei 2021 - 23:53:00 WIB
 Junta Myanmar  Tolak Pengungsi Musim Rohingya
Pengungsi Rohingya di Banglades. (Foto : Reuters)

YANGON, iNews.id - Sungguh kasihan para pengungsi muslim Rohingya ini. Pemimpin junta militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing menolak mereka kembali ke wilayahnya di Rakhine.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi Pheonix, Min Aung Hlaing, menganggap etnis Rohingya melanggar hukum di Myanmar sehingga tak bisa kembali.

"Jika tidak mematuhi hukum Myanmar, apa lagi yang perlu dipertimbangkan? Saya tidak percaya ada negara di dunia yang mau melampaui hukum negara untuk menerima pengungsi," kata dia, seperti dilaporkan kembali Reuters, Senin (24/5/2021).

Dia pun mengangguk saat ditanya apakah ini berarti seruan internasional terkait pemulangan pengungsi Rohingya tak akan berhasil.

Min Aung Hlaing termasuk pemimpin militer Myanmar di balik pengungsian sekitar 700.000 muslim Rohingya ke Bangladesh pada 2017. Dengan dalih membasmi kelompok separatis di Rakhine, tentara Myanmar membunuh, membakar, serta memerkosa muslim Rohingya, tindakan yang disebut PBB sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan serta genosida.

Myanmar sebagai negara mayoritas beragama Budha menilai Rohingya bukanlah salah satu dari kelompok etnis mereka.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2