Kabar Baik, Pekerja Hotel dan Restoran DIY yang Sempat Dirumahkan Mulai Bekerja Lagi

Antara ยท Kamis, 25 November 2021 - 06:55:00 WIB
Kabar Baik, Pekerja Hotel dan Restoran DIY yang Sempat Dirumahkan Mulai Bekerja Lagi
Sejumlah tamu di Inna Garuda Jogja melakukan reservasi kamar. Sebagian pekerja hotel dan restoran di DIY mulai bekerja kembali seiring membaiknya situasi. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id - Kabar baik, sebagian pekerja hotel dan restoran yang sempat dirumahkan akibat menurunnya tamu selama pandemi Covid-19 mulai kembali bekerja. Ini  seiring dengan menggeliatnya aktivitas pariwisata.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranawa Eryana
pelaku usaha hotel dan restoran di DIY belum bisa mempekerjakan kembali seluruh pekerja karena masih harus melakukan efisiensi biaya operasional.

“Tetapi belum semua kembali bekerja. Baru sekitar 30 persen dari sekitar 12.000 pekerja. Bagaimanapun juga, kondisi belum baik-baik saja. Situasi sekarang masih mengharuskan pelaku usaha melakukan efisiensi,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranawa Eryana di Yogyakarta, Rabu (24/11/2021).

Deddy Pranawa menyebutkan pandemi selama hampir dua tahun membuat pelaku usaha hotel dan restoran benar-benar terpukul karena tamu yang berkurang signifikan dan biaya operasional yang harus ditanggung masih cukup besar.

Oleh karenanya, lanjut Deddy, pelaku usaha hotel dan restoran khususnya yang tergabung dalam PHRI DIY memiliki komitmen kuat untuk selalu menjaga agar aktivitas ekonomi dan pariwisata bisa tetap berjalan dengan baik sejalan dengan upaya penanganan pandemi.

Selama empat pekan terakhir, PHRI DIY mencatat kenaikan yang signifikan untuk okupansi hotel, terutama pada akhir pekan lalu yang bisa mencapai 80 persen di semua area.

Okupansi 80 persen tersebut dihitung berdasarkan jumlah maksimal kamar hotel yang bisa disewakan yaitu 70 persen dari total kamar di tiap hotel.

“Ini yang harus dipertahankan. Kami sangat menjaga agar jangan sampai muncul klaster penularan di antara hotel dan restoran yang menjadi anggota kami dengan menerapkan protokol kesehatan ketat,” katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: