Kasus Covid-19 Terus Melonjak, BEM KM UGM Desak Pemerintah Terapkan Karantina Wilayah

Priyo Setyawan ยท Kamis, 22 Juli 2021 - 22:19:00 WIB
Kasus Covid-19 Terus Melonjak, BEM KM UGM Desak Pemerintah Terapkan Karantina Wilayah
BEM KM UGM menggelar aksi keprihatinan mendesak pemerintah menerapkan karantina wilayah, di dekat Bunderan UGM, Kamis (22/7/2021) sore. (Foto: Dok BEM KM UGM)

YOGYAKARTA, iNews.id - Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Univeritas Gadjah Mada (BEM KM UGM) mendesak pemerintah lebih serius dalam penanganan Covid-19. Sudah lebih dari satu tahun masa pandemi, lonjakan kasus masih tinggi dan fasilitas kesehatan serta tenaga medis terbatas  
 
“Jika pemerintah memang fokus dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19 ini, berikan kebijakan yang tegas dan bertanggung jawab. Jangan abai terhadap hak-hak masyarakat,” kata Presiden  BEM KM UGM Muhammad Farhan, dalam keterangannya, Kamis (22/7/2021) malam.

Pemerintah juga harus melakukan evaluasi substansial terhadap kebijakan PPKM Darurat, bukan hanya mengubah nomenklaturnya.  Apalagi tidak adanya jaminan pemenuhan kebutuhan masyarakat dalam PPKM Darurat telah membuat masyarakat terpaksa keluar rumah untuk mencari penghidupan.

“Pemerintah harus segera  melakukan kalkulasi untuk kebutuhan masyarakat selama beberapa waktu agar masyarakat bisa hidup layak di rumah supaya tidak terjadi peningkatan mobilitas sosial. Jangan hanya menakut-nakuti dengan ancaman hukuman saja,” katanya.

Farhan mengatakan, tidak ada lagi alibi oleh pemerintah untuk tidak berkomitmen dalam mempercepat penanganan Covid-19 yang terus mengalami lonjakan. Fokus utama saat ini seharusnya memberi penghidupan kepada masyarakat agar mampu untuk membatasi aktivitasnya serta memperbaiki fasilitas dan tenaga medis agar tidak terjadi kolaps.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2