Kedubes Amerika Serikat di Irak Diserang dengan Roket

Anton Suhartono ยท Rabu, 18 November 2020 - 06:57:00 WIB
Kedubes Amerika Serikat di Irak Diserang dengan Roket
Kedutaan besar Amerika Serikat di Irak diserang dengan roket . (Foto : AFP)

BAGHDAD, iNews.id - Kelompok militan pro-Iran menyerang Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Baghdad, Irak, Selasa (17/11/2020) denga sejumlah roket. Setidaknya empat roket ditargetkan ke kompleks kedubes, pertama kali sejak faksi pro-Iran menyetujui gencatan senjata pada Oktober lalu.

Beberapa ledakan besar terdengar, diikuti suara tembakan dan suar yang menerangi langit. Ini mengindikasikan bahwa sistem pertahanan roket C-RAM yang dipasang di Kedubes AS bekerja menangkis serangan.

Seorang juru bicara pasukan koalisi pimpinan AS, seperti dikutip dari AFP, Rabu (18/11/2020), mengatakan, intelijen Irak mengonfirmasi serangan, namun menolak berkomentar mengenai penggunaan roket C-RAM.

Sejak Oktober 2019, hampir 90 serangan roket dan bom pinggir jalan yang mematikan menargetkan kedutaan asing, pasukan, serta fasilitas lain di seluruh Irak.

Beberapa serangan itu dibalas dengan menargetkan kelompok Kataeb Hezbollah serta faksi garis keras pro-Iran lainnya yang dituduh bertanggung jawab.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2