Kembangkan Wisata Bahari, Kalibuntu Kebumen Berubah Nama Jadi Kali Ratu

Joe Hartoyo ยท Rabu, 11 Agustus 2021 - 11:59:00 WIB
Kembangkan Wisata Bahari, Kalibuntu Kebumen Berubah Nama Jadi Kali Ratu
Bupati dan Wabup Kebumen menikmati sensasi susur sungai di kawasan Kali Ratu sebagai salah satu potensi wisata bahari. (Foto: istimewa)

KEBUMEN, iNews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen mengembangkan wisata bahari di Desa Tanggulangin dan Jogosimo Kecamatan Klirong, Kebumen. Jika dulu kawasan ini dikenal dengan Kalibuntu maka mulai saat ini diubah menjadi Kaliratu. 

Peresmian perubahan nama ini dilakukan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Wabup Ristawati Purwaningsih dengan ditandai pemotongan tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur. Warga juga melarung aneka jenis makanan dan sesaji ke tengah laut. 

“Sejak lama saya ingin mengubah nama kawasan Kalibuntu menjadi Kaliratu. Mengapa? Karena Ratu adalah simbol kecantikan, keindahan dan simbol kehormatan,” kata bupati, Rabu (11/8/2021). 

Menurutnya, pemaknaan Kalibuntu membuat pikiran kita jadi buntu. Rezekinya juga mampet sehingga nama harus diubah. Kaliratu diharapkan bisa dimaknai menjadi sebuah yang indah hadir di Kebumen.  

“Kaliratu ini punya syarat yang lengkap bahkan lebih untuk untuk dijadikan pariwisata bahari berkelas nasional seperti Ancol,” katanya.

Selain keindahan alamnya, TPI Tanggulangin juga memiliki potensi ikan laut yang melimpah. Selain itu juga terdapat kawasan konservasi penyu yang menarik untuk dikunjungi wisataan. 

“Insya Allah juga akan dibangun Shrimp Estate atau lumbung udang yang modern,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: