Kemensos Salurkan Bantuan Paket Usaha untuk Kemandirian Penyandang Sosial

Kuntadi · Rabu, 15 September 2021 - 17:45:00 WIB
Kemensos Salurkan Bantuan Paket Usaha untuk Kemandirian Penyandang Sosial
Bansos dar kementerian Sosial bagi penyandang masalah sosial dan disabilitas di Kulonprogo. (Foto: doc/Humas Kulonprogo)

KULONPROGO, iNews.id – Sebanyak 62 penyandang masalah sosial dan disabilitas di Kabupaten Kulonprogo mendapatkan bantuan Asistensi Rehabilitasi sosial (Atensi) dari Kementerian Sosial. Bantuan berupa sembako, kursi roda dan paket usaha untuk kemandirian dan pemberdayaan. 

“Kami usulkan 70 penerima manfaat, namun yang lolos hanya 62,” kata Kepala Dinas Sosial Kulonprogo Yohanes Irianto, pada penyerahan bantuan Atensi di Aula Dinas Tenaga Kerja Kulonprogo, Rabu (15/9/2021). 

Atensi merupakan program Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos yang dalam penyalurannya dilakukan oleh Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM) Margo Laras yang ada di Pati, Jawa Tengah. Secara simbolis bantuan diserahkan Kepala BRSPDM Margo Laras kepada Staf Ahli Bupati Kulonprogo Bambang Sutrisna dilanjutkn kepada penerima manfaat.  

“Bantuan ini berupa 55 paket sembako dan nutrisi, 8 paket alat bantu, dan 7 paket usaha,” katanya.  

Kepala BRSPD Margo Laras, Jiwaningsih mengatakan ada tiga sasaran sistem pelayanan dalam program Atensi ini, di antaranya Atensi berbasis keluarga, Atensi berbasis Komunitas, dan Atensi berbasis Residensial. Program ini meliputi pemenuhan hidup layak, perawatan dan pengasuhan, dukungan keluarga, terapi fisik dan mental, sosial dan residensial, bantuan dan asistensi sosial, dukungan aksesibilitas.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: