Kemungkinan Terendam Lumpur, KNKT Masih Cari VCR Sriwijaya Air SJ 182

Antara, Giri Hartomo ยท Rabu, 10 Februari 2021 - 00:02:00 WIB
Kemungkinan Terendam Lumpur, KNKT Masih Cari VCR Sriwijaya Air SJ 182
sriwijaya air (Foto istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih mencari kotak hitam CVR (Cockpit Voice Recorder) yang berfungsi merekam percakapan pilot dan kopilot di kokpit pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Saat ini yang ditemukan baru kotak hitam FDR (Flight Data Recorder) yang merekam data pesawat saat terbang.

“Tim Masih mencari kotak hitam CVR,” kata Ketua Subkomite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT, Nurcahyo Utomo, Rabu (10/2/2021). 

Tim saat ini sudah memiliki koordinat posisinya. Hal ini mengacu pada titik ditemukannya FDR. Kemungkinan CVR ini terendam lumpur sehingga lebih sulit diangkat ke daratan.

"Pada dasarnya masalah kami adalah cuaca karena saat ini masih musim hujan, di bawah laut visibility (jarak pandang) sangat buruk,” katanya.

Tim sudah menerapkan strategi dengan membatasi area setiap 25 meter persegi untuk memudahkan pencarian. "Sudah membuat garis di bawah laut tentang lokasi-lokasi ini dibuat kotak-kotak 5x5 meter, jadi penyelam akan mencari kotak 1, kemudian ke kotak 2, sampai selesai," kata Nurcahyo.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2