Kena Dampak Pandemi, Sriwijaya Air Rumahkan Karyawan

Giri Hartomo · Selasa, 25 Mei 2021 - 23:45:00 WIB
 Kena Dampak Pandemi, Sriwijaya Air Rumahkan Karyawan
Pesawat Sriwijaya Air. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 membuat sejumlah maskapai nasional terdampak. Salah satunya Sriwijaya Air Group. Mereka memutuskan merumahkan karyawan.

Memo tentang keputusan merumahkan karyawan ini beredar di publik. 
Senior Manager Corporate Communication Sriwijay, Theodora Erika, mengatakan memo Internal bernomor 139/INT/SJNAM/V/2021 yang beredar di publik merupakan kebijakan resmi perseroan. 

"Terkait dengan adanya Memo Internal bernomor 139/INT/SJNAM/V/2021 yang telah beredar di publik, maka kami sampaikan bahwa memo tersebut adalah benar merupakan kebijakan resmi yang diambil oleh Manajemen Sriwijaya Air Group,” ujar Theodora, kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (25/5/2021).

Menurut dia, melalui memo tersebut, ada dua opsi yang ditawarkan manajemen kepada karyawan, yaitu tawaran dirumahkan dan resign (berhenti bekerja). 

Kedua opsi yang ditawarkan itu untuk memberikan kepastian kepada karyawan, mengingat kinerja keuangan perseroan merosot akibat dampak dari pandemk covid-19.

“Kebijakan tersebut diambil oleh perusahaan guna memberikan kepastian kepada karyawan yang dirumahkan sebagai dampak pandemi Covid-19,” kata Theodora.

Seperti diberitakan, manajemen Sriwijaya menawarkan uang pisah bagi karyawan yang sedang dirumahkan, baik pegawai tetap maupun PKWT yang bermaksud untuk mengundurkan diri. 

Adapun rincian uang pisah tersebut, yaitu bagi karyawan dengan masa kerja kurang lebih 1 tahun sampai dengan 3 tahun diberikan uang pisah 1 bulan gaji.

Selanjutnya bagi karyawan dengan masa kerja lebih dari 3 tahun sampai dengan 6 tahun diberikan uang pisah 2 bulan gaji. Dan karyawan dengan masa kerja lebih dari 6 tahun diberikan uang pisah 3 bulan gaji.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2