Kenapa Yogya Dilafalkan Jogja? Begini Awalnya

Kuntadi ยท Minggu, 27 November 2022 - 22:20:00 WIB
 Kenapa Yogya Dilafalkan Jogja? Begini Awalnya
Tugu Yogyakarta (Foto Ilustrasi : Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Kenapa Kota Yogya dilafalkan Jogja? Pertanyaan itu kerap muncul di dalam berbagai forum formal maupun informal. Namun perbedaan penyebutan ini, tidak mengurangi esensi kota Yogyakarta itu sendiri. 

Sampai saat ini belum ada penelitian yang bisa menjelaskan kenapa Kota Yogya dilafalkan dengan Jogja. Hal ini diyakini tidak lepas dari sejarah lahirnya Kota Yogyakarta.  

“Yogyakarta itu adalah bentuk baku, sedangkan Jogja atau Jogjakarta itu tidak baku,” kata Dosen Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Else Liani.
 
Menurutnya, penyebutan ini tidak mengurangi esensi dari penamaan ini. Penyebutan Yogya atau Yogyakarta untuk kegiatan formal atau resmi, sedangkan Jogja dan Jogjakarta untuk penyebutan informal atau tidak resmi.

“Meski berbeda pelafalan, namun itu bukan menjadi masalah karena masyarakat bisa menerima,” katanya. 

Dilansir dari website Pemkot Yogyakarta, Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat didirikan pada tahun 1755 oleh Pangeran Mangkubumi yang bergelar Sultan Hamengku Buwono I setelah muncul Perjanjian Giyanti. Setelah itu Pangeran Mangkubumi menetapkan Yogyakarta sebagai ibu kotanya. 
 
Kota Yogyakarta dibangun pada tahun 1755, bersamaan dengan dibangunnya Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I di Hutan Beringin, suatu kawasan diantara sungai Winongo dan sungai Code. 

Sesudah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII menerima piagam pengangkatan menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi DIY dari Presiden RI.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: