Kepala Dinsos Kota Yogyakarta Agus Sudrajat Meninggal karena Covid-19

Suharjono ยท Selasa, 01 Desember 2020 - 15:14:00 WIB
Kepala Dinsos Kota Yogyakarta Agus Sudrajat Meninggal karena Covid-19
Almarhum Agus Sudrajat (kanan) saat mendampingi Wawali Yogyakarta Heroe Poerwadi dalam sembuah acara. (foto: dok/ Humas Pemkot Yogyakarta)

YOGYAKARTA, iNews.id – Pemerintah kota Yogyakarta tengah berduka. Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta Agus Sudrajat meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

"Telah berpulang sahabat, rekan kerja dan teman diskusi, Kepala Dinas Sosial Agus Sudrajat,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Selasa (1/12/2020).

Wawali mengaku sangat kehilangan sosok almarhum yang banyak memberikan saran dan masukan dalam penanganan Covid-19. Namun almarhum justru terpapar hingga akhirnya meninggal dunia. Almarhum merupakan putra terbaik di Pemkot Yogyakarta yang telah memberikan dedikasi untuk masyarakat.

“Almarhum meninggal karena Covid-19 dan memiliki penyakit penyerta (komorbid),” kata Heroe.

Almarhum meninggal dunia dalam usia 55 tahun. Selama 32 tahun almarhum telah mengabdi sebagai ASN di Kota Yogyakarta. Agus Sudrajat dikenal sebagai pejabat yang baik dan memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi. Selama pandemi Covid-19, dia terlibat langsung dalam proses perumusan data bantuan sosial baik dari pemerintah pusat, Pemda DIY serta Pemkot Yogyakarta.

Sosok Agus Sudrajat sangat teliti dalam menangani semua permasalahan. Tidak heran jika almarhum banyak mendapatkan pujian dari berbagai lembaga. Almarhum juga banyak memberikan bantuan perjalanan bagi warga yang membutuhkan, menyiapkan dapur umum sampai dengan menyiapkan dan mengetuai shelter baik yang ada di Jalan Veteran maupun di Tegalrejo.

“Almarhum juga banyak turun untuk mencarikan tempat pemakaman bagi warga yang kesulitan untuk dimakamkan,” katanya.

Almarhum meninggal di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta setelah sempat beberapa hari dirawat. Siang ini akan dimakamkan di TPU Sarilaya, Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta dengan protokol Covid-19.

Editor : Kuntadi Kuntadi