Kesbangpol Gunungkidul Terima Pendaftaran 4 Kepengurusan Parpol Baru

Antara ยท Senin, 01 Agustus 2022 - 14:34:00 WIB
 Kesbangpol Gunungkidul Terima Pendaftaran 4 Kepengurusan Parpol Baru
Sebanyak empat kepengurusan Parpol baru mendaftar ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesabangpol) Gunungkidul. (Foto: Ilustrasi/Ist)

GUNUNGKIDUL, iNews.id  - Sebanyak empat kepengurusan partai politik (Parpol) baru mendaftar ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesabangpol) Gunungkidul. Dengan pendaftaran ini hingga Senin (1/8/2022) sudah ada 21 parpol yang tercatat di Kesbangpol Gunungkidul.

Kepala Kesbangpol Gunungkidul Johan Eko Sudarto mengatakan pada tahap pendaftaran calon peserta Pemilu 2024 yang dilakukan KPU mulai Senin, pihaknya membuka pendaftaran partai baru dengan susunan kepengurusan wakil di Gunungkidul.

"Sampai saat ini, ada empat parpol baru yang mendaftarkan susunan kepengurusannya ke kesbangpol," kata Johan di Gunungkidul Senin.

Empat parpol baru itu adalah Partai Ummat, Partai Gelora, Partai Kedaulatan Rakyat, dan Partai Buruh.

"Partai Buruh merupakan yang terakhir mendaftar, karena ketiga partai lain sudah mencatatkan kepengurusan sejak tahun lalu," tambahnya.

Dia menyebutkan dengan tambahan empat partai baru itu, maka total terdapat 21 partai politik yang tercatat di Kesbangpol Gunungkidul.

"Kebanyakan memang parpol lama, yang jelas sudah ada 21 partai baru maupun lama terdaftar di Kesbangpol," imbuhnya.

Dia menjelaskan surat tanda bukti pendaftaran itu digunakan sebagai salah satu alat untuk membantu proses verifikasi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) terkait struktur badan hukum.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: