Ketua DPRD Kulonprogo Minta Lurah Buat Potret Kemiskinan Desa

Antara ยท Jumat, 21 Januari 2022 - 16:06:00 WIB
Ketua DPRD Kulonprogo Minta Lurah Buat Potret Kemiskinan Desa
kemiskinan (lustrasi: inews.id)

KULONPROGO, iNews.id – Ketua DPRD Kabupaten Kulonprogo Akhid Nuryati mendorong lurah untuk membuat potret kemiskinan yang ada di wilayahnya. Data ini penting agar program pengentasan kemiskinan bisa lebih tepat sasaran. 

“Lurah yanbg dilantik akhir 2021 harus segera membuat peta kemiskinan di wilayahnya,” kata Akhid, Jumat (21/1/2022).

Menurutnya, peta kemiskinan ini dirasa perlu untuk menurunkan angka kemiskinan. Lurah dirasa lebih memahami kondisi warganya, termasuk penyebab kemiskinan dan solusi yang mungkin dilakukan dalam pengentasan kemiskinan ini. 
 
“Ketika tahu peta kemiskinan, maka program apa yang akan diberikan bisa lebih tepat,” katanya. 

Potret kemiskinan ini harus menyertakan nama kepala keluarga, alamat dan pekerjaan. Bahkan jika perlu keinginan dari setiap keluarga miskin ini akan berusaha apa. Harapannya ketika masalah kemiskinan teridentifikasi penyebabnya, maka solusinya juga akan lebih mudah. 

Akhid mengatakan, angka kemiskinan di Kulonprogo masih tinggi sekitar 18,3 persen. Angka ini mendasarkan pada data yang disusun oleh BPS dengan indikator dari kebutuhan kalori, dan kebutuhan konsumsi pangan dan sandang atau kebutuhan primer dan sekunder.

"Kalau kita survei ulang atau sensus ulang, warga yang dikatakan miskin menurut ukuran BPS, mereka tidak miskin," katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: