Kisah Ahmad Rizal Rifani, Anak Buruh yang Terpilih Jadi Mahasiswa Berprestasi UNY

Kuntadi ยท Selasa, 28 Juni 2022 - 20:15:00 WIB
Kisah Ahmad Rizal Rifani, Anak Buruh yang Terpilih Jadi Mahasiswa Berprestasi UNY
Ahmad Rizal Rifani terpilih menjadi mahasiswa berprestasi UNY kategori mahasiswa Diploma. (foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id - Ahmad Rizal Rifani terpilih menjadi mahasiswa berprestasi UNY untuk kategori Diploma. Untuk menjadi juara pertama, Mahasiswa Program Studi D4 Teknik Mesin Fakultas Teknik ini harus menjalani serangkaian seleksi dan penilaian. 

Awalnya Ahmad Rizal mengikuti seleksi di tingkat fakultas melalui seleksi administrasi dan karya. Dari seleksi inilah dia terpilih untuk mewakili Fakultas Teknik dalam seleksi tingkat Universitas untuk memilih mahasiswa program sarjana dan diploma. Proses penilaian dilakukan oleh dosen dan juri yang berkompeten. 

“Awalnya saya tidak memiliki passion di permesinan, namun dukungan orang tua, dosen dan lingkungan membuatnya bisa beradaptasi,” kata Alumni SMAN 1 Kebumen ini. 

Pria kelahiran Kebumen pada 9 April 2001 ini memiliki hobi menulis karya tulis ilmiah sejak di bangku SMP dan bergabung di KIR. Dari hobi menulis inilah dia terbiasa mencari ide dan inovasi yang membuat hobinya terbekali.

Memasuki kuliah, Rizal mengikuti lomba-lomba karya tulis ilmiah oleh rekan-rekan organisasi baik dari UKM Rekayasa Tekonologi UNY dan UKM Penelitian Matriks Fakultas Teknik. Dia selalu belajar untuk mengembangkan ide yang ditemukan dan mengikuti lomba yang ditentukan. 

“Setidaknya sudah ada 30 karya tulis yang berprestasi di tingkat nasional,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: