Klaster Baru Ditemukan di Srikayangan Kulonprogo, 9 Positif Covid-19 dan 2 Meninggal

Budi Utomo ยท Kamis, 13 Agustus 2020 - 17:04:00 WIB
Klaster Baru Ditemukan di Srikayangan Kulonprogo, 9 Positif Covid-19 dan 2 Meninggal
ilustrasi virus corona: istimewa

KULONPROGO, iNews.idGugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Kulonprogo, menemukan klaster baru dalam penularan virus corona. Klaster Srikayangan, telah memunculkan sembilan orang positif dan dua di antaranya meninggal dunia.

“Kami sebut klaster Srikayangan karena saat ini sudah ada sembilan yang positif dan dua meninggal,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Kulonprogo, Baning Rahayujati, Kamis (13/8/2020).

Dari kontak kasus positif, telah dilakukan tracking dan menemukan ada 39 yang melakukan kontak erat. Hasil uji laboratorium atas sampel yang dikirimkan belum semuanya keluar. Kasus baru sangat memungkinkan ditemukan.

Puskesmas dan Dinas Kesehatan masih melakukan tracking yang melakukan kontak erat,” katanya.

Kasus Covid-19 di Kabupaten Kulonprogo per 13 Agustus ada 54 kasus positif. Dari total ini, sebanyak 29 pasien sudah dinyatakan sembuh dan ada 23 yang menjalani perawatan baik di RSUD Wates maupun di RSUD Nyi Ageng Serang Sentolo.

“Penambahan tertinggi terjadi kemarin dengan penambahan delapan kasus. Hari ini hanya satu,” kata Baning.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Kulonprogo Fajar Gegana meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap penularan Covid-19. Salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan, dengan mencuci tangan dengan sabun, mengenakan masker dan menjaga jarak.

“Gunakan masker, dan kalau tidak perlu lebih baik berada di rumah saja,” katanya.

Fajar yang menjabat wakil Bupati Kulonprogo mengatakan, dari 12 kasus, sudah ada sembilan kecamatan yang sudah ditemukan adanya Covid-19. Tinggal kecamatan Kokap, Girimulyo dan Kalibawang yang masih bebas.

Editor : Kuntadi Kuntadi