Klinik Fertilitas Indonesia Hadir di RS UII Bantul, Tawarkan IUI untuk Program Kehamilan

Kuntadi · Selasa, 02 November 2021 - 10:30:00 WIB
Klinik Fertilitas Indonesia Hadir di RS UII Bantul, Tawarkan IUI untuk Program Kehamilan
Grand Opening Klinik Fertilitas Indonesia di RS UII Bantul. (Foto: istimewa)

BANTUL, iNews.id Rumah Sakit Islam Indonesia (RS UII) kini dilengkapi dengan Klinik Fertilitas Indonesia. Klinik ini diresmikan Senin (1/11/2021) untuk membantu program kehamilan seperti inseminasi buatan (Intrauterine Insemination/IUI)

Klinisi dari Klinik Fertilitas Indonesia RS UII, dr Alfun Dhiya mengatakan, klinik ini untuk mendekatkan masyarakat yang ingin membuat program kehamilan. Tanpa harus ke luar kota mereka bisa mendapatkan layanan ini. 

Selama ini banyak pasangan yang mengalami infertilitas atau kondisi dimana tidak terjadi kehamilan. Mereka sudah melakukan hubungan badan rutin dalam kurun waktu satu tahun tanpa alat pengaman. Program IUI dilakukan dengan metode mendekatkan sperma (yang sudah melalui proses washing sperm) dengan sel telur secara natural di dalam rahim. 

“Tujuannya untuk meningkatkan jumlah sperma yang berhasil sampai di tuba falopi. Dengan begitu, metode ini diharapkan mampu meningkatkan kesempatan sel telur untuk dibuahi sperma,” katanya, pada peresmian Klinik Fetilitas Indonesia UII, Senin (1/11/2021). 

“Klinik ini juga melayani pemeriksaan Analisa sperma yang dilengkapi dengan konsultsi program kehamilan,” katanya.   

Direktur Utama Rumah Sakit UII, dr Widodo Wirawan mengatakan, untuk mendapatkan buah hati tidak bisa secara instan. Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh pasangan dengan kesabaran dan ikhtiar. 

“Langkah-langkah mengikuti program inseminasi pertama melakukan pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan Histerosalphingografi, analisa sperma. Kemudian stimulasi ovarium (indung telur) dan proses pemasukan sperma yang sudah dicuci,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: