Komisi A DPRD DIY Dorong Pemda Bangun Museum Bung Karno di Jogja

Ainun Najib · Selasa, 07 Juni 2022 - 06:09:00 WIB
 Komisi A DPRD DIY Dorong Pemda Bangun Museum Bung Karno di Jogja
Komisi A DPRD DIY saat melakukan kunjungan ke Museum Bung Karno di Bali, Senin (6/6/2022). (Foto : Ist)

YOGYAKARTA, iNews.id- Pemda DIY didorong untuk membangun Museum Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia termasuk Museum Bung Karno. Museum ini bisa bermanfaat sebagai destinasi wisata sejarah dan menjadi pusat riset generasi muda di masa mandatang.

"Bertepatan dengan hari lahir  Proklamator Ir Soekarno pada 6 Juni, Komisi A DPRD DIY merekomendasikan perlunya dibangun Museum Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia di Jogja," ujar Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto, Senin (6/6/2022). Komisi A dan wartawan DPRD DIY melakukan kunjungan ke Bali. Rombongan berkunjung juga ke Museum Bung Karno, Istana Tampak Siring dan Dinas Pariwisata Bali. 

Eko menyebut Museum Bung Karno ada di Bali ini bisa jadi inspirasi bagaimana menghadirkan Museum Bung Karno di DIY.  "Ada peran besar Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Pakualam saat awal perjuangan Indonesia," kata Eko. 

Eko menyebut, pembangunan Museum sejarah perjuangan bangsa di rasakan penting, utamanya Buseum Bung Karno.  "Fakta sejarah di awal kemerdekaan RI, tahun-tahun awal NKRI, duet kepemimpinan Sri Sultan HB IX dan Sri Pakualam pernah membantu secara khusus, kala Yogyakarta ditetapkan sebagai ibu kota RI," katanya.  

Eko menyebutkan, jika DIY punya Perda, 1/2022 tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan maka di Bali ada peraturan gubernur yang menegaskan bersama melawan terorisme, separatisme, yang mengganggu NKRI.

"Upaya menggelorakan Pancasila dalam tiap pengambilan kebijakan menjadi penting di masa sekarang ini," ujarnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: