Konsumsi Rokok Meningkat, MTCC Surati Presiden Jokowi agar Revisi PP Tentang Tembakau

Kuntadi ยท Rabu, 25 November 2020 - 19:40:00 WIB
Konsumsi Rokok Meningkat, MTCC Surati Presiden Jokowi agar Revisi PP Tentang Tembakau
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Foto: iNews.id/Kuntadi)

BANTUL, iNews.id – Muhammadiyah Tobacco Control Centre (MTCC) menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan pengendalian konsumsi tembakau di Indonesia. Langkah ini dilakukan agar Indonesia bisa mencapai sustainability development goals (SDGs).

Surat ini dikirimkan oleh MTCC UMY bekerja sama dengan Muhammadiyah Tobacco Control Network. Surat ini juga ditandatangani Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Umum Abdul Muti.

“Surat ini bukan untuk menentang kebijakan yang diatur pemerintah, tetapi Muhammadiyah ingin menemani pemerintah agar mencapai SDGs,” kata perwakilan MTCC, Supriyatiningsih dalam keterangan persnya, Rabu (25/11/2020).

Surat dari Muhammadiyah ini, berisi permintaan kepada presiden untuk merevisi PP No 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan, serta kebijakan tentang kenaikan cukai rokok. Kondisi ini tidak lepas tingkat prevelansi perokok di Indonesia tertinggi di Asia Tenggara.

“Nilai cukai rokok yang dibagikan pemerintah juga tidak memenuhi asas keadilan,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2