Kontes Robot Indonesia Diikuti 278 Tim dari 107 Perguruan Tinggi

Kuntadi ยท Kamis, 23 September 2021 - 14:37:00 WIB
Kontes Robot Indonesia Diikuti 278 Tim dari 107 Perguruan Tinggi
Dewan melakukan penilaian pada Kontes Robot Indonesia secara daring. (Foto: doc/UGM)

YOGYAKARTA, iNews.id - Sebanyak 278 tim robot dari 107 perguruan tinggi di Indonesia ikut dalam kompetisi Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Wilayah yang digelar Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puspresnas Kemendibudristek). Universitas Gadjah mada (UGM) menjadi tuan rumah kompetisi yang dilaksanakan secara daring mulai 22 September - 1 Oktober 2021.

Dalam KRI Wilayah I diikuti 140 tim mahasiswa dari 54 perguruan tinggi di wilayah Indonesia bagian Barat. Sedangkan KRI Wilayah II diikuti 138 tim dari 53 perguruan tinggi di wilayah Indonesia bagian Timur.

“KRI merupakan kontes robotika tahunan yang ditujukan untuk memfasilitasi minat, ide, serta kreativitas mahasiswa dalam bidang teknologi robotika,” kata Koordinator Pokja Dikti Puspresnas, Rizal Alfian saat membuka kontes KRI di Grha Sabha Pramana UGM, Kamis (23/9/2021). 
 
Mahasiswa diharapkan tidak hanya semangat mengembangkan robot untuk kontes robot saja. Namun harus memiliki daya juang dalam memberikan solusi terhadap problematika di masyarakat.  

Penyelenggaraan KRI menunjukkan Indonesia memiliki segudang talenta di bidang robotika. Hasil ini ke depan bisa digiring ke industri sehingga bisa memberikan manfaat dan menawarkan solusi akan persoalan di masyarakat melalui robot dan teknologi.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: