Korea Utara Uji Coba Rudal Jarak Jauh, Mampu Meluncur hingga 1.500 Km

Umaya Khusniah · Senin, 13 September 2021 - 18:01:00 WIB
 Korea Utara Uji Coba Rudal Jarak Jauh, Mampu Meluncur hingga 1.500 Km
Uji coba rudal jelajah jarak jauh Korea Utara. (Foto: Reuters)

SEOUL, iNews.id - Korea Utara melakukan uji coba rudal jelajah jarak jauh baru pda Sabtu-Minggu, 11-12 Sepetember 2021. Rudal-rudal milik Korut itu mampu meluncur hingga 1.500 km (930 mil) sebelum mengenai target mereka.

Menurut media pemerintah, KCNA, rudal-rudal itu jatuh ke perairan teritorial negara itu selama tes. 

Ini merupakan peluncuran rudal pertama Korea Utara setelah menguji rudal balistik jarak pendek taktis baru pada bulan Maret lalu. 

Negara pimpinan Kim Jong Un ini juga melakukan uji coba rudal jelajah hanya beberapa jam setelah Presiden AS Joe Biden menjabat pada akhir Januari.

Dilansir dari Reuters, Korea Utara mengalami perkembangan yang stabil dalam program senjata saat komunikasi dengan AS mengalami kebuntuan sejak 2019. 

Surat kabar resmi Partai Buruh, Rodong Sinmun memuat foto-foto rudal jelajah jarak jauh baru yang terbang dan ditembakkan dari peluncur pengangkut-erektor.

Dilaporkan oleh KCNA, rudal merupakan senjata strategis yang telah dikembangkan selama dua tahun terakhir. Rudal juga dinilai sebagai elemen kunci dari rencana lima tahun yang digariskan pada Januari untuk memajukan ilmu pertahanan dan persenjataan.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: