Kuil Buddha di Thailand Ini Kosong lantaran Seluruh Biksunya Positif Narkoba

Ahmad Islamy Jamil · Rabu, 30 November 2022 - 18:09:00 WIB
 Kuil Buddha di Thailand Ini Kosong lantaran Seluruh Biksunya Positif Narkoba
Empat biksu di sebuah kuil Distrik Bung Sam Phan, Phetchabun, Thailand dinyatakan positif narkoba. (Foto: Reuters)

BANGKOK, iNews.id – Seluruh biksu di salah satu kuil di Thailand ini positif menggunakan sabu-sabu. Kuil yang berada istrik Bung Sam Phan, Provinsi Phetchabun itu sekarang kosong.

Empat biksu Buddha itu dikirim ke pusat rehabilitasi. Mereka dinyatakan positif mengonsumsi narkotika itu termasuk kepala biara atau biksu kepala.

“Kuil itu sekarang kekosongan biksu dan penduduk desa terdekat khawatir mereka tidak dapat berbuat kebajikan,” ujar salah seorang pejabat setempat Boonlert Thintapthai kepada AFP, kemarin.

Polisi setempat memaksa para biksu untuk menjalani tes urine usai mereka menggerebek kuil itu dalam operasi memerangi narkoba. Usai dinyatakan positif, para biksu itu kemudian dikirim ke klinik kesehatan untuk menjalani rehabilitasi narkoba.

Keempat biksu itu juga langsung dipecat dari kebhikkhuan usai hasil tes narkoba menyatakan mereka positif mengonsumsi narkoba. 

Kepala biara atau biksu kepala di kuil itu juga dinyatakan positif naroba. Saat ini, kuil kecil itu kini kosong tanpa biksu. 

Pada ajaran Buddha, memberi makan kepada para biksu dianggap sebagai perbuatan baik atau kebajikan. Oleh karenanya para pengikut Buddha di desa itu acap kali menyumbangkan makanan mereka kepada biksu setempat.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: