Kurangi Risiko Kecelakaan Penderes Nira, Pemkab Diminta Remajakan Pohon Kelapa

Antara ยท Sabtu, 14 Mei 2022 - 19:40:00 WIB
 Kurangi Risiko Kecelakaan Penderes Nira, Pemkab Diminta Remajakan Pohon Kelapa
Aktivitas penderes memanjat pohon kelapa. (Foto: iNews.id)

KULONPROGO, iNews.id - Pemkab Kulonprogo diminta melakukan peremajaan pohon kelapa di Kecamatan Kokap untuk mengurangi risiko kecelakaan kerja pada penderes nira. Dinas Pertanian dan Pangan diminta memberikan bantuan bibit pohon kelapa yang cepat tumbuh, pendek dan menghasilkan nira yang banyak untuk peremajaan.

"Saat ini, pohon kelapa yang ada di Kokap sudah tinggi-tinggi dan berisiko tinggi bagi petani nira. Selain itu, nira yang dihasilkan juga sangat sedikit, tidak sebanding dengan risiko yang ditanggung,"kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Kulonprogo, Priyo Santoso, Sabtu (14/5/2022).

"Untuk itu, kami berharap Dinas Pertanian dan Pangan segera melakukan peremajaan pohon kelapa di Gunung Kukusan, Kecamatan Kokap," kata Priyo.
 
Ia mengatakan pasar gula merah atau gula Jawa sangat besar. Petani ada yang dijual sebagai gula merah, ada juga petani yang membuat gula semut. Pangsa pasarnya semua besar. 

Hal ini juga perlu adanya dukungan peralatan dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian supaya produk gula dari Kokap bisa tembus pasar yang lebih luas lagi.

"Pendampingan pengembangan usaha gula Jawa harus dilakukan oleh dinas teknis, sehingga bisa diproduksi mengikuti selera pasar dan alih teknologi, serta lebih efisien produktif," katanya.

Meski potensi pasar gula semut dan gula Jawa sangat besar, lanjut Priyo, mata pencarian sebagai petani nira masih dipandang sebelah mata. Hal ini karena risiko memanjat pohon kelapa sangat tinggi, dan tidak ada jaminan keselamatan yang pasti.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: