Labuhan Alit, Sejumlah Barang Pribadi Sri Sultan HB Dilarung ke Laut Jadi Rebutan Warga

Trisna Purwoko ยท Minggu, 14 Maret 2021 - 19:11:00 WIB
Labuhan Alit, Sejumlah Barang Pribadi Sri Sultan HB Dilarung ke Laut Jadi Rebutan Warga
Para abdi dalem dan warga bedoa bersama sebelum prosesi labuhan Alit di Pantai Parangkusumo, Bantul. Foto: iNews.id/Trisna Purwoko)

 BANTUL, iNews.id - Keraton Yogyakarta menggelar tradisi Labuhan Alit di Pantai Parangkusumo, Bantul, Minggu (14/3/2021). Sejumlah benda milik Sri Sultan Hamengkubuwono X seperti pakaian, rambut dan beberapa sesaji di larung ke laut dan menjadi rebutan warga.   

“Larungan Alit ini menjadi rangkaian peringatan bertahtanya Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai Raja,” kata Juru Kunci Cepuri Parangkusumo, Mas Bekel Sepuh Surakso Dinomo, Minggu (14/3/2021).
 
Sebelum dilarung, beberapa uba rampe ini dibawa dari Keraton Yogyakarta menuju Pendopo Pantai Parangtritis. Selanjutnya diserahkan dari pengageng Keraton Yogyakarta kepada juru kunci Cepuri Parangkusumo. Benda yang akan dilarung ini kemudian dari Pantai Parangtritis menuju Cepuri Parangkusumo sejauh kurang lebih 5 kilometer.

Setelah sampai,   di Cepuri Parangkusumo benda yang akan dilarung dipindah ke beberapa ancak yang terbuat dari bambu. Selanjutnya benda ini dibawa oleh Tim SAR ke tengah laut untuk dilarung.  

Beberapa benda yang dilarung ini banyak yang kembali ke darat terbawa gelombang. Benda-benda ini menjadi rebutan pengunjung. Mereka percaya apa yang mereka peroleh akan memberikan kedamaian dan ketenteraman

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2