Lahan Pertanian Terdampak Proyek Normalisasi Banjir Kawasan YIA, Warga Geruduk Kantor PT PP

Kuntadi ยท Rabu, 14 September 2022 - 16:12:00 WIB
Lahan Pertanian Terdampak Proyek Normalisasi Banjir Kawasan YIA, Warga Geruduk Kantor PT PP
Puluhan warga Karangwuni menggeruduk PT PP dalam proyek normalisasi sungai di Kulonprogo. (Foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id - Puluhan warga Karangwuni, Kulonprogo, DIY menggeruduk kantor Proyek Pembangunan Prasarana Pengendali Banjir Kawasan Strategis NYIA pada DAS Serang yang dikerjakan PT Pembangunan Perumahan (PP) yang terletak di Karangwuni, Rabu (14/9/2022). Warga mengeluhkan dampak pembangunan proyek yang mengganggu aktivitas warga dalam menggarap lahan pertanian. 

Puluhan warga ini datang ke lokasi proyek karena gerah dengan permasalahan proyek yang berkepanjangan tanpa ada penyelesaian masalah. Warga mengeluhkan banyaknya material yang masuk ke lahan penduduk yang belum dibebaskan. Akibatnya material ini mengganggu aktivitas warga di lahan. 

“Sering ada material di tengah jalan sehingga menghambat petani yang hendak ke ladang,” kata koordinator warga Samsudin, saat mendatangi kantor proyek, Rabu (14/9/2022). 

Samsudin mengatakan, dalam sosialisasi juga sempat disampaikan rencana pengerasan jalan menggunakan pasir dan batu (sirtu). Namun fakta di lapangan berbeda, sehingga menyulitkan petani. Sementara ketika melintas di jalan kerap ada alat berat yang membahayakan petani yang tidak diberikan alat pelindung diri. 

Warga juga mengeluhkan aktivitas proyek yang telah merugikan petani. Banyak tanaman pertanian yang rusak dan buahnya hilang, seperti kelapa dan ketela pohon.

“Yang paling banyak kelapa muda hilang, bahkan pernah ada yang memergoki,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: