Liga I PSSI Dilanjutkan, Pemkab Bantul Beri Sinyal Hijau Penggunaan Stadion Sultan Agung

Kuntadi ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 15:35 WIB
Liga I PSSI Dilanjutkan, Pemkab Bantul Beri Sinyal Hijau Penggunaan Stadion Sultan Agung
PT LIga Indonesia Baru (Foto: Liga 1)

BANTUL, iNews.id – Pemerintah Kabupaten Bantul, DIY memberikan sinyal positif terkait penggunaan Stadion Sultan Agung untuk lanjutan laga kompetisi Divisi I PSSI. Rencananya stadion ini dipakai untuk tuan rumah tiga klub mulai bulan Oktober nanti.

“Bupati Bantul Suharsono telah memberikan sinyal hijau terkait penggunaan stadion,” kata Kepala Bidang Pemuda dan Olahrga Disdikpora Bantul, Joko Surono, Rabu (29/7/2020).

Sebelumnya dari PSSI yang dipimpin oleh Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian memberian paparan terkait pelaksanaan liga.

“Dari paparan mereka, liga ini akan dilaksanakan tanpa penonton. Jadi tidak akan ada suporter dari setiap klub yang bertanding,” kata Joko.

Joko mengatakan PT LIB telah melakukan audiensi ke Polda DIY terkait penunjukan Stadion Sultan Agung untuk melanjutkan Liga I. Audiensi tersebut untuk mengantisipasi adanya kedatangan suporter. Harapannya nanti kepolisian bisa melakukan upaya pengamanan, agar pertandingan bisa berjalan lancar.

Tiga klub yang akan berkandang sementara di Bantul ini, terdiri atas Bali United, Persija Jakarta dan PSM Makasar. Mereka akan menjalani pertandingan dengan home base di Staion Sultan Agung. Sebelumnya Persija Jakarta pernah menjadikan stadion ini untuk kandang sementara.

“Yang kita pegang pertandingan tanpa penonton dan jaminan keamanan di dalam dan luar stadion,” katanya.

Pemkab Bantul juga akan meminta dalam pelaksanaan pertandingan menggunakan protokol kesehatan Covid-19. Ini sangat penting, karena kasus di Bantul cukup tinggi. Nantinya kepada tim baik pemain, pelatih dan official akan menjalani rapid test dan tes swab terlebih dulu.

“Jadi setiap 14 hari secara rutin setiap tim akan jalani rapid test dan tes swab,” katanya.

Meski sudah beraudiensi, Pemkab Bantul belum mendapatkan jadwal pertandingan yang akan dilaksanakan. Setiap tim akan datang minimal 14 hari sebelum pertandingan.


Editor : Kuntadi Kuntadi