Lonjakan Pasien Covid-19 Terus naik, 4 Rumah Sakit Darurat Dibangun di DIY

Kuntadi ยท Kamis, 15 Juli 2021 - 22:02:00 WIB
 Lonjakan Pasien Covid-19 Terus naik, 4 Rumah Sakit Darurat Dibangun di DIY
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji (Foto: Dok Humas Pemda Jogja)

YOGYAKARTA, iNews.id -  Pemda DIY akan membangun empat rumah sakit darurat Covid-19 guna menampung lonjakan pasien. Rencana pembangunan rumah sakit darurat ini sudah disetujui pemerintah pusat. 

“Ada empat rumah sakit darurat Covid-19 yang akan dibangun untuk mengantisipasi lonjakan pasien,” kata Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, Kamis (15/7/2021).

Empat rumah sakit darurat ini, akan dibangun dengan memanfaatkan asrama UGM, asrama UNY, rumah susun ASN BBWS serta Pusdiklat PU Ngeksigondo. Rumah sakit darurat ini akan dipakai untuk menampung pasien dengan gejala ringan dan sedang, yang akan dilengkapi dengan peralatan dan tenaga medis.  

Pengelolaan RS Darurat di bawah naungan rumah sakit terdekat. Manajemen tetap dipegang oleh rumah sakit yang tentunya akan menangani dengan lebih baik, sehingga bisa beroperasi optimal dan efektif.

“Bisa jadi nantinya managemen dipegang oleh RSA UGM, RSUP Dr Sardjito, atau Rumah Sakit Daerah. Sedangkan dengan pusat akan mendapatkan tambahan 700 bed,” kata Aji. 

Mantan Kepala Disdikpora DIY ini juga memastikan dua rumah sakit darurat lainnya juga sedang dikebut, yakni rumah sakit Respati di Sleman dan RS Lapangan di Gemawan yang dikelola Pemkot Yogyakarta. 

Saat ini Pemda DIY juga berkoordinasi dengan RSPAU Hardjolukito terkait pemanfaatan bangunan untuk menambah kapasitas ruang isolasi bagi pasien Covid-19. Bangunan ini diperkirakan mampu menampung 800 pasien.  

“Untuk penunjang SDM tenaga kesehatan sudah dikomunikasikan dengan pusat. Nanti akan segera ditindaklanjuti,” katanya.  

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: