Mahasiswa UGM Gagas Pemanfaatan Aspal untuk Kurangi Panas Suhu Perkotaan

Kuntadi ยท Selasa, 13 September 2022 - 10:37:00 WIB
Mahasiswa UGM Gagas Pemanfaatan Aspal untuk Kurangi Panas Suhu Perkotaan
Mahasiswa UGm menciptakan pemanfaatan aspal sebagai kolektor panas untuk mengurangi suhu panas perkotaan. (Foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id -  Lima mahasiswa UGM mengagas inovasi pemanfaatan aspal sebagai kolektor panas (Asphalt Thermal Collector) untuk mengurangi peningkatan suhu akibat urban heat island (UHI). Ini merupakan inovasi mahasiswa untuk mengurangi panas apal dengan air mengalir di dalam pipa. 

Ide Asphalt Thermal Collector digagas oleh tim PKM Video Gagasan Konstrukif (VGK) UGM, Fikru Shidqi Helmi (Teknik Sipil 2020), Hakan Malika Anshafa (Teknik Sipil 2020), Octa Elwan Ibrahim (Teknik Sipil 2020), Nabila Alma Maharani (Teknik Sipil 2020), dan Syifa Husnun Nissa (Kimia 2021).

“Asphalt Thermal Collector ini merupakan inovasi mengurangi UHI dengan cara menyerap panas pada permukaan aspal menggunakan cairan yang mengalir di dalam pipa. Dengan menurunnya suhu pada aspal, suhu kota sekitarnya turut menurun atau lebih sejuk dari sebelumnya,” kata Fikru, Selasa (13/9/2022).

Ide penerapan Asphalt Thermal Collector ini berawal dari tinginya suhu perkotaan. Meningkatnya suhu ini tidak lepas dari fenomena Urban Heat Island (UHI) yaitu suhu perkotaan lebih tinggi dari pada daerah di sekitarnya. Kondisi ini lepas dari semakin bertambahnya jalanan beraspal. 

Aspal memiliki sifat menyerap panas sehingga pada siang hari jalanan aspal dapat mencapai suhu hingga 48 derajat Celsius. Untuk itulah perlu inovasi untuk mengatasi persoalan tersebut.

Lima mahasiswa ini memanfaatkan aspal untuk melawan fenomena UHI. Penyerapan panas oleh aspal yang sebelumnya justru mempercepat proses UHI karena radiasi dapat diputarbalikkan untuk mengurangi efek UHI dengan menerapkan Asphalt Thermal Collector.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: