Mampu Tingkatkan Stamina Tubuh, Minuman Empon-Empon Diburu Konsumen di Masa Covid-19

Kismaya Wibowo · Minggu, 28 Februari 2021 - 10:59:00 WIB
Mampu Tingkatkan Stamina Tubuh, Minuman Empon-Empon Diburu Konsumen di Masa Covid-19
Warga menunjukkan minuman empon-empon hasil kreasi mereka selama masa pandemi Covid-19. (Foto: iNews.id/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Masa pandemi Covid-19 telah berdampak pada lesunya sektor perekonomian. Banyak para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang terpuruk. Namun tidak sedikit justru bangkit dengan melakukan inovasi usahanya.

Seperti yang dilakukan warga Gedad, Banyusoco, Playen Gunungkidul ini. Dibawah kelompok Guyub Rukun, mereka justru mampu berkreasi membuat aneka produk minuman empon-empon dan minuman sachet herbal lainnya. Minuman ini pun laris manis  dab banyak diburu konsumen.
  
Sebelum masa pandemi, warga hanya mengolah nira menjadi gula kelapa. Namun kini mereka mampu menghasilkan menjadi berbagai minuman siap seduh yang menyehatkan. Mulai dari minuman empon-empon, minuman jahe, kunyit, temulawak hingga berbagai rempah-rempah lain.    

“Nilai ekonominya lebih tinggi dan kami lebih untung,” kata Ngizun, salah satu pengurus Guyub Rukun. 

Menurutnya, aneka minuman ini dibuat secara sederhana. Mereka menghaluskan aneka jenis rempah untuk dicampur denga gula gelapa yang masih asli. Dengan takaran tertentu, minuman ini dikemas menjadi minuman sachet yang siap untuk diseduh. Kandungan rempahnya dipercaya mampu meningkatkan stamina tubuh dan menjaga kesehatan.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2