Marak Hoaks soal Vaksin Covid-19, Polri Lakukan Penyelidikan

Puteranegara Batubara ยท Sabtu, 23 Januari 2021 - 18:40:00 WIB
Marak Hoaks soal Vaksin Covid-19, Polri Lakukan Penyelidikan
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Prabowo Argo Yuwono. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah berita bohong atau hoaks terkait vaksin virus corona marak bermunculan. Mulai hoaks tentang meninggalnya Danramil usai di vaksin hingga soal vaksin disebut bisa membesarka alat kelamin. 

Polri akan menyelidiki munculnya informasi palsu terkait vaksin Covid-19 atau virus corona ini. 

"Iya akan selidiki hoaks soal vaksin Covid-19," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Jakarta, Sabtu (23/1/2021).

Salah satunya muncul soal hoaks, vaksin tersebut ditanam chip yang bisa melacak masyarakat yang telah menerima vaksin. Hal itu dipastikan hoaks oleh Satgas Covid-19.  

Kemudian, adanya informasi palsu soal meninggalnya Danramil Kebomas Gresik yang usai disuntik vaksin Covid-19. Lalu ada juga soal vaksin tersebut dapat membesarkan alat kelamin. 

Di sisi lain, Polri menyatakan akan melakukan pengawalan terhadap proses vaksinasi Covid-19 dalam skala nasional. Proses itu dilakukan dari proses distribusi hingga pelaksanaan. 

Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menjelaskan, pengamanan itu akan dilakukan sejak distribusi di provinsi hingga ke tingkat paling bawah. Hal itu dilakukan bersama dengan TNI. 

"Kami amankan, dari Bio Farma ke provinsi kami amankan, provinsi ke kab/kota bahkan sampai pelaksanaan vaksin. Polri laksanakan pengamanan bersama rekan-rekan TNI," ujar Rusdi terpisah.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2