Marak Vandalisme pada Cagar Budaya, Kundha Kabudayan Sleman Ajak Masyarakat Ikut Melindungi

Antara ยท Rabu, 19 Januari 2022 - 16:23:00 WIB
Marak Vandalisme pada Cagar Budaya, Kundha Kabudayan Sleman Ajak Masyarakat Ikut Melindungi
salah satu bangunan cagar budaya yang kerap menjadi sasaran vandalisme. (Foto: antara)

SLEMAN, iNews.idDinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman mengajak masyarakat ikut berperan dalam perlindungan dan pelestarian benda-benda cagar budaya. Kerap benda ini menjadi sasaran vandalisme

“Kami sangat prihatin karena vandalisme atau coret-coret di benda cagar budaya masih kerap terjadi. Masyarakat harus ikut melindungi dan melestarikan,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan Sleman, Edy Winarya, Rabu (19/1/2022). 

Menurutnya, di Kabupaten Sleman banyak terdapat benda-benda cagar budaya yang keberadaanya dilindungi UU No 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Dalam Pasal 56 diamanatkan setiap orang dapat berperan serta melakukan pelindungan cagar budaya. Sedangkan dalam Pasal 63 masyarakat dapat berperan serta melakukan pengamanan cagar budaya.

“Perlindungan dan pelestarian cagar budaya bukan semata-mata tugas pemerintah, akan tetapi merupakan tugas bersama antara pemerintah, masyarakat, lembaga sosial budaya serta dunia pendidikan," katanya.

Vandalisme merupakan salah satu bentuk perusakan cagar budaya. Tindakan itu juga tidak menghargai nilai penting yang ada dalam benda cagar budaya. Warga yang melanggar juga bisa diancam dengan pidana melanggar Pasal 105 UU No11 Tahun 2010 dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun dan atau denda paling sedikit Rp500 juta dan paling banyak Rp5 miliar. 
 
“Kami ajak masyarakat dan lembaga baik secara sendiri dan bersama-sama untuk melakukan perlindungan dan pelestarian cagar budaya, karena cagar budaya memiliki nilai penting yang mengandung sejarah peradaban masa lampau yang adiluhung," katanya.

Bagi masyarakat yang menemukan bendar yang diduga cagar budaya bisa melapor ke dinas. Nantinya akan dilakukan inventarisasi dan penelitian. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: