Masih Disimpan di Gudang, Vaksin Covid-19 di DIY Belum Didistribusikan

Suharjono ยท Senin, 11 Januari 2021 - 19:27:00 WIB
Masih Disimpan di Gudang, Vaksin Covid-19 di DIY Belum Didistribusikan
Vaksin Covid-19. (Foto : Antara)

YOGYAKARTA, iNews,id - Pemda DIY merencanakan akan melakukan vaksinasi mulai 14 Januari mendatang. Hingga Senin (11/1/2021) hari ini vaksin tersebut belum didistribusikan.

"Kami masih menyimpan di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan DIY dan belum didistribusikan," kata Kepala Dinkes DIY Pembayun Setyaningastutie kepada wartawan Senin (11/1/2021).

Dijelaskannya, untuk mendistribusikan vaksin Sinovac tersebut, pihaknya masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan. Kendati demikian untuk kick off vaksinasi bakal digelar 14 Januari mendatang. 

"Kalau distribusi kami belum bisa pastikan apakah sebelum 14 Januari atau setelahnya, semua tergantung instruksi," ucapnya. 

Menurut dia, ada beberapa pertimbangan dalam distribusi vaksin tersebut. Di antaranya adalah tempat atau lokasi penyimpanan di masing-masing kabupaten/kota. Hal ini untuk menjaga vaksin benar- benar aman saat digunakan. "Karena menyangkut lokasi dan juga tingkat steril dan suhu yang dibutuhkan," ujarnya.

Untuk tahap pertama ini sudah tiba 26. 286 dosis vaksin. Direncanakan untuk tahap pertama bakal diberikan bagi sumber daya manusia (SDM) bidang kesehatan.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2