Masjid Cipto Mulyo Pengging Ini Peninggalan Raja Keraton Solo

Tata Rahmanta ยท Sabtu, 17 April 2021 - 12:24:00 WIB
 Masjid Cipto Mulyo Pengging Ini Peninggalan Raja Keraton Solo
Bedug di Masjid Cipto Mulyo, Desa Pengging, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali yang sejak awal berdiri sampai sekarang masih ada. Foto: iNews/Tata Rahmanta.

BOYOLALI, iNews.idMasjid Cipto Mulyo merupakan peninggalan Raja Keraton Kasunanan Surakarta yang sampai kini tidak pernah sepi dari jamaah. Masjid yang berada di Desa Pengging, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali ini usianya lebih dari satu abad.

Meskipun sudah beberapa kali direnovasi, namun dari awal dibangun hingga kini tidak pernah berubah bentuknya. Bangunan tetap kokoh dan terawat walau usia sudah tua.  

“Bentuk masjid masih asli seperti saat awal dibangun. Bahkan konstruksi kayu dan bangunan juga belum berubah,” kata Ahmadi, Ketua Takmir Masjid Cipto mulyo, Sabtu (17/4/2021).

Bangunan Masjid Cipto Mulyo menampilkan desain Jawa kuno, yaitu berbentuk limasan dan menyerupai pendopo. Masjid memiliki lima pintu utama yang semuanya terletak di bagian depan bangunan. 

Bagian atas setiap pintu diberi ukiran-ukiran yang disisipkan tulisan PB X sebagai tanda bahwa masjid itu dibangun pada masa pemerintahannya. Bedug, kentongan, dan mimbar khutbah sejak zaman dulu hingga saat ini masih digunakan.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2