Masyarakat Bantul Berpotensi Hasilkan Sampah 300 Ton per Hari

Yohanes Demo ยท Kamis, 10 November 2022 - 07:36:00 WIB
 Masyarakat Bantul Berpotensi Hasilkan Sampah 300 Ton per Hari
Sampah di TSP Piyungan hanya ditumpuk dan ditimbun. Lokasi ini dulunya lembah sekarang jadi bukit sampah. (Foto : Facebook Kang Yani Piyungan)

BANTUL, iNews.id- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memperkirakan 300 ton sampah dihasilkan masyarakat Kabupaten Bantul setiap harinya. Hal tersebut menjadi masalah serius yang saat ini dihadapi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul, Ari Budi Nugroho mengatakan, angka tersebut dihitung dari jumlah penduduk Bantul yang hampir mencapai 1 juta jiwa.

"Kalau potensi timbulan ya, kita perhitungannya dari data statistik itu dengan jumlah penduduk Bantul yang sembilan ratus sekian orang. Kalau misal kita bulatkan saja 1 juta, potensi timbulan sampah kita ya 280 sampai 300 ton perhari," kata dia usai rapat koordinasi kebijakan persampahan terkait darurat TPST Piyungan, Rabu (09/11/2022) kemarin.

Dari jumlah tersebut, Ari mengatakan, sekitar 180 ton sampah dibuang ke TPST Piyungan. Sisanya, berakhir di tempat pembuangan sampah pribadi rumah tangga. 

Terkait dengan daya tampung TPST Piyungan yang saat ini sudah melebihi kapasitas, dia meminta kepada masyarakat dan pemerintah desa untuk aktif membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan lingkungan ini.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: