Memanas, Amerika Siagakan 4 Kapal Perang di Perairan Timur Taiwan

Umaya Khusniah ยท Selasa, 02 Agustus 2022 - 18:52:00 WIB
 Memanas, Amerika Siagakan 4 Kapal Perang di Perairan Timur Taiwan
Empat kapal perang termasuk satu kapal induk AS disiagakan di perairan timur Taiwan. (Foto: Afp)

TAIPE, iNews.id - Hubungan antara Amerika Serikat (AS) dengan China memanas. Pemicunya adalah rencana kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

AS pun menyiapkan empat kapal perang termasuk satu kapal induk Amerika Serikat (AS) di perairan timur Taiwan. 

Sebelumnya  sejumlah kapal perang dan jet tempur China bersiaga menyusul rencana kunjungan Pelosi tersebut. 

Dilansir dari Reuters, pejabat Angkatan Laut AS yang enggan menyebut nama mengatakan, penempatak armada raksasa itu merupakan pengerahan rutin. Namun sayangnya, pengerahan rutin itu bertepatan dengan rencana kunjungan Pelosi ke Taiwan sehingga menjadi perhatian internasional. 

Pejabat Angkatan Laut AS itu menjelaskan, kapal induk AS, USS Ronald Reagan sempat melakukan transit di perairan Laut China Selatan. Namun saat ini tengah berlayar di Laut Filipina, sebelah timur Taiwan dan Filipina yana juga berarti di selatan Jepang.

USS Ronald Reagan yang berbasis di Jepang itu beroperasi dengan kapal penjelajah peluru kendali, USS Antietam, dan sebuah kapal perusak, USS Higgins.

"Meskipun mereka mampu menanggapi segala kemungkinan, ini adalah normal, penyebaran rutin," kata pejabat itu. 

Pejabat Angkatan Laut AS mengatakan kapal serbu amfibi USS Tripoli juga berada di daerah itu. Hal itu sebagai bagian dari pengerahan ke wilayah itu yang dimulai pada awal Mei. Kapal ini berangkat dari pelabuhan asalnya di San Diego.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: