Mengenal Pernikahan Kromojati di Gunungkidul, Sepasang Pengantin Wajib Tanam Pohon Jati

Kismaya Wibowo ยท Minggu, 23 Oktober 2022 - 21:52:00 WIB
Mengenal Pernikahan Kromojati di Gunungkidul, Sepasang Pengantin Wajib Tanam Pohon Jati
Pasangan pengantin di Gunungkidul menanam bibit pohon jati sebelum melaksanakan ijab kabul. (foto: iNews.id/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Sebanyak 15 pasang pengantin melakukan penanaman pohon di wilayah Kalurahan Bohol, Kapanewon rongkop, Gunungkidul, Minggu (23/10/2022). Kegiatan ini dikenal sebagai Pernikahan Kromojati untuk menjaga sumber air dan mencegah kekeringan. 

Mantan Lurah Bohol, Widodo mengatakan, Kromojati merupakan salah satu kearifan lokal di masyarakat yang harus dilakukan sepasang calon pengantin. Sebelum melaksanakan ijab kabul mereka harus menanam bibit jati terlebih dulu di lahan miliknya atau di tanah kas desa

“Kebiasaan ini saya gagas 2007 dan sekarang sudah 15 tahun masih berjalan,” kata Widodo, Minggu (23/10/2022). 

Menurut dia, Kromojati berasal dari dua kosa kata yaitu Kromo yang berarti menikah, sedangkan Jati merupakan nama pohon jati. Kegiatan ini telah menjadi tradisi untuk melestarikan alam. 

Ide awal muncul karena banyak wilayah di Gunungkidul gundul dan banyak penebangan pohon. Untuk memperbaiki lahan dipastikan butuh anggaran yang besar. Dari situlah dia berembug dengan Kabag Kesra dan disepakati menjadi program unggulan desa. 

Program ini ternyata disambut antusias oleh pamong yang lain. Bahkan para tokoh masyarakat juga mendukung program sukarela rehabilitasi ini. Agar lebih kuat kemudian dituangkan dalam Peraturan Kalurahan.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: