Menparekraf: Agar Eksis, Desa Wisata Harus Ada Inovasi Berkelanjutan

Priyo Setyawan ยท Sabtu, 05 Juni 2021 - 20:02:00 WIB
 Menparekraf: Agar Eksis, Desa Wisata Harus Ada Inovasi Berkelanjutan
Memparekraf Sandiaga Uno mengunjungi desa wisata Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Sabtu (5/6/2021). (Foto : Dok Humas Pemkab Sleman)

SLEMAN, iNews.id-Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengatakan agar desa wisata Indonesia tetap bisa eksis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya keterbukaan, transparansi, keterlibatan masyarakat, prinsip keadilan, inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Dengan langkah ini diharapkan desa wisata tidak hanya bertahan satu atau dua tahun, namun dapat berkelanjutan. 

"Jadi tidak hanya one hit wonder, hanya satu dua tahun tapi setelah itu tidak berkelanjutan," kata Sandiago Uno saat meninjau Desa Wisata Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Sabtu (5/6/2021). 

Selain itu desa wisata di Indonesia juga diajak mengikuti Anugrah Desa Wisata 2021. Ajakan ini bukan tanpa alasan. selain untuk pengembangan kepariwisataan, kegiatan ini juga sebagai upaya mewujudkan Indonesia sebagai destinasi wisata kelas dunia yang berdaya saing, berkelanjutan dan mendorong pembangunan daerah serta kesejahteraan rakyat. 

"Untuk pengembangan kepariwisatan Indonesia, saya mengajak desa wisata di Indonesia mengikuti program anugrah desa wisata Indonesia 2021," ujarnya. 

Sandiaga mengapresiasi Desa Wisata Pentingsari yang mampu tumbuh dan berkembang sejak dibentuknya pada tahun 2008 lalu. Menurutnya hal ini karena Desa Wisata Pentingsari memiliki komitmen serta pengelolaan baik, sehingga  dapat bertahan dan berkelanjutan. "Ini menjadi inspirasi untuk desa wisata yang lain," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2