Meriahkan Kemerdekaan, Pedagang Pasar Rejowinangun Magelang Gelar Grebeg 4 Gunungan

Puji Hartono ยท Rabu, 17 Agustus 2022 - 20:21:00 WIB
Meriahkan Kemerdekaan, Pedagang Pasar Rejowinangun Magelang Gelar Grebeg 4 Gunungan
Pengunjung dan pedagang Pasar Rejowinangun, Magelang berebut gunungan untuk memeriahkan Peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia. (Foto: iNews.id/Puji Hartono)

MAGELANG, iNews.id - Ratusan pedagang Pasar Rejowinangun Kota Magelang menggelar upacara bendera memeringati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77 dengan menggunakan pakaian daerah. Pedagang juga membuat grebeg empat gunungan dari barang-barang dagangan para pedagang. 

Sebelum upacara, para pedagang sudah menghias pasar dengan berbagai pernak-pernik Merah Putih yang identik dengan peringatan Kemerdekaan. Para pedagang juga mengenakan pakaian adat yang didominasi warna merah dan putih.

Pedagang selanjutnya berkumpul di halaman pasar menunggu detik-detik proklamasi. Tepat pukul 10.17 para pedagang hormat kepada bendera selama tiga menit. 

“Kegiatan ini murni inisiatif pedagang, untuk memeriahkan Kemerdekaan tahun ini,” kata Koordinator Keamanan Pasar Rejowinangun Bripka Mat Ronni, Rabu (17/8/2022). 

Usai upacara para pedagang kemudian mengeluarkan empat buah gunungan, yang terdiri gunungan sayuran, gunungan pakaian, gunungan tas dan sepatu yang merupakan dagangan pedagang. Gunungan ini kemudian diperebutkan kepada pengunjung pasar. 

“Ada empat gunungan yang dibuat pedagang, mereka secara iklas menyerahkan barang dagangan untuk disusun menjadi gunungan,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: