Militer China Usir Kapal Perusak AS

Ahmad Islamy Jamil · Rabu, 13 Juli 2022 - 19:22:00 WIB
 Militer China Usir Kapal Perusak AS
Kapal perusak rudal berpemandu milik AS ‘Benfold’ diusir oleh militer China. (Foto : Reuters)

BEIJING, iNews.id – Sebuah kapal perusak milik Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) diusir oleh militer China pada Rabu (13/7/2022). Kapal itu disebut memasuki Laut China Selatan (LCS). 

Kapal perusak ini diketahui berlayar di dekat Kepulauan Paracel yang disengketakan. 

Menurut militer China , tindakan kapal perang AS itu secara serius melanggar kedaulatan dan keamanan Negeri Tirai Bambu.

Juru Bicara Komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat China, Kolonel Tian Junli menyebut kapal perusak rudal berpemandu AS ‘Benfold’ secara ilegal masuk ke perairan China pada 13 Juli lalu.

"Kapal itu tanpa persetujuan dari Pemerintah China masuk ke perairan perairan teritorial Paracel milik China ,” ungkapnya  seperti dikutip Reuters, hari ini.

Menurut dia, langkah militer AS itu sangat merusak perdamaian dan stabilitas LCS. “Juga secara serius melanggar hukum internasional dan norma-norma hubungan internasional,” kata Tian.

Ini bukan kali pertama Amerika Serikat membuat marah China di LCS. Sebelumnya, kapal perang AS sudah berulang kali berlayar di perairan tersebut. AS selalu menolak klaim China atas sebagian besar LCS.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: