Minat Mahasiswa Asing Belajar di UMY Tinggi, Tercatat ada 3.242 Pendaftar

Kuntadi ยท Senin, 14 November 2022 - 18:15:00 WIB
Minat Mahasiswa Asing Belajar di UMY Tinggi, Tercatat ada 3.242 Pendaftar
Minat mahasiswa asing kuliah di UMY cukup tinggi. (Foto: istimewa)

BANTUL, iNews.id - Minat mahasiswa asing untuk belajar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) cukup tinggi. Tahun ini tercatat ada 1.411 mahasiswa yang diterima sedangkan untuk tahun akademik 2023/2024 sudah ada 3.242 calon mahasiswa yang mendaftar.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan AIK UMY Faris Al-Fadhat mengatakan, selama ini UMY dikenal sebagai kampus yang sangat terbuka dengan berbagai macam hubungan yang berkaitan dengan internasionalisasi. Mulai dari hubungan kerja sama, pertukaran mahasiswa, sekaligus penerimaan mahasiswa asing. 

“Tahun ini mahasiswa asing pun kembali menunjukkan animo mereka, terbukti dengan jumlah pendaftar yang meningkat pesat dari tahun sebelumnya,” katanya, Senin (14/11/2022). 

Peningkatan animo mahasiswa asing belajar di UMY,  menunjukkan kepercayaaan dari masyarakat internasional terhadap UMY semakin tinggi. Sejak tahun 2019 hingga 2021, peningkatan jumlah pendaftar dari calon mahasiswa asing tidak terlalu signifikan. Namun, sekarang dengan masa pendaftaran yang masih akan dibuka hingga Januari pun jumlah pendaftar sudah meningkat pesat. 

“Tingginya animo ini karena ada program internasionalisasi UMY yang semakin mudah diterima oleh calon mahasiswa asing,” katanya. 

Penguatan ini di antaranya dengan pengiriman mahasiswa ke luar negeri, kerja sama dengan kampus dan instansi luar negeri semakin memperkuat posisi UMY sebagai kampus yang memiliki kualitas internasional. Citra baik UMY juga tidak lepas dari upaya branding yang sudah dilakukan. 

“Kami juga ada metode branding dengan promosi langsung, seperti mengadakan gathering para duta besar dari luar negeri,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: