Minta Maaf, Ustaz Khalid Basalamah Tak Pernah Haramkan Wayang

Reza Fajri ยท Selasa, 15 Februari 2022 - 14:13:00 WIB
 Minta Maaf, Ustaz Khalid Basalamah Tak Pernah Haramkan Wayang
Ustaz Khalid Basalamah memberikan klarifikasi terkait polemik wayang haram dan harus dimusnahkan. (Foto: Istimewa/Instagram Khlaid Basalamah)

JAKARTA, iNews.id - Ustaz Khalid Basalamah menyebut dirinya tak pernah mengharamkan wayang. Pernyataan ini untuk mengklarifikasi terkait viral ceramahnya yangdisebut-sebut dirinya menyebut wayang itu haram. 

Dalam klarifikasi itu, Ustaz Khalid Basalamah turut menyampaikan permintaan maaf. "Video ini teman-teman, kami buat untuk klarifikasi sekaligus permohonan maaf atas potongan pertanyaan yang diajukan salah satu jamaah beberapa tahun lalu di Masjid Blok M di Jakarta, dan sekaligus jawaban kami tentang masalah wayang," kata Khalid.

Ustaz Khalid mengklaim tidak ada pernyataannya yang bermaksud mengharamkan wayang. Dia mengaku hanya menyarankan agar menjadikan Islam sebagai tradisi dan tidak menjadikan tradisi sebagai bagian dari Islam.

"Saya mengatakan alangkah baiknya, dan kami sarankan, kami sarankan agar menjadikan Islam sebagai tradisi, jangan menjadikan tradisi sebagai Islam. Dan tidak ada kata-kata saya di situ mengharamkan (wayang)," ujarnya.

Menurut Ustaz Khalid, makna kata-kata dia adalah selama itu tidak bentrok dengan ajaran Islam maka tidak menjadi masalah. Menurutnya, kata-katanya pun hanya bersifat saran.

"Dan kalau bentrok sama Islam ada baiknya ditinggalkan, ini sebuah saran," kata Ustaz Khalid.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: