Modus Sebarkan Brosur Kredit, Dua Warga Gunungkidul Gondol Sepeda Motor

Kuntadi ยท Rabu, 07 Oktober 2020 - 14:16:00 WIB
Modus Sebarkan Brosur Kredit, Dua Warga Gunungkidul Gondol Sepeda Motor
ilustrasi curanmor

SLEMAN, iNews.id – Dua warga Gunungkidul, AJN (47) dan BS (24) diamankan petugas Reskrim Polsek Pakem Sleman, karena diduga melakukan pencurian sepeda motor. Modusnya pelaku membagikan brosur kredit dan pinjaman murah untuk memperdayai korban.

Kapolsek Pakem AKP Chandra Lulus mengatakan, kasus penipuan ini dilakukan pelaku pada Minggu (27/9/2020) di Pasar Pakem. Saat itu kedua pelaku dan korban Fitri Setyaningrum (33) warga Bantul sudah saling mengenal dari brosur yang dibagikan oleh pelaku.

Korban yang butuh uang, mengajukan pinjaman dan dijanjikan akan dicairkan oleh pelaku. Syaratnya korban harus ikut membagikan brosur di beberapa wilayah, salah satunya di Pasar Pakem.

Saat itu pelaku masuk ke dalam pasar dan minta korban untuk menunggu di luar. Ketika korban lengah, pelaku mengambil sepeda motor miliknya yang kuncinya masih menancap. Pelaku kemudian membawa kabur sepeda motor korban dan menjual.

“Mendapati sepeda motornya tidak ada, korban akhirnya melaporkan kasus ini ke polisi,” kata Kapolsek.

Berbekal laporan korban, polisi melakukan penyelidikan di lapangan. Dari brosur yang dibagikan dan keterangan korban, polisi berhasil mengidentifikasi pelaku. Hanya selang lima hari kedua pelaku berhasil ditangkap di rumahnya Karangmojo, Gunungkidul.

“Kami juga amankan uang sisa penjualan, sepeda motor milik pelaku, dan handphone,” kataya.

Kedua pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dan atau Pasal 378 KUHP tentang Penipuan. Ancaman hukumannya maksimal sembilan tahun penjara.

Editor : Kuntadi Kuntadi