Mortir Sisa Perang Kemerdekaan Ditemukan di Tanggul Irigasi Purworejo

Joe Hartoyo ยท Selasa, 18 Januari 2022 - 23:11:00 WIB
Mortir Sisa Perang Kemerdekaan Ditemukan di Tanggul Irigasi Purworejo
Tim Gegana Brimob Polda Jateng mengevakuasi mortir sisa perang kemerdekaan. (foto: iNews.id/Joe Hartoyo)

PURWOREJO, iNews.id – Sebuah mortir yang diduga sisa perang kemerdekaan ditemukan warga di tanggul irigasi desa Langenrejo, Kecamatan Butuh, Purworejo, Minggu (16/1/2022). Mortir ini kemudian diamankan tim Gegana Satbrimobda untuk diledakkan. 
 
Mortir ini pertama kali ditemukan Amat Djumadi warga sekitar  yang sedang merumput di lokasi penemuan. Saksi yang mengenali benda itu mirip mortir ini kemudian melaporkan kepada Budi Setiyanto, yang merupakan perangkat desa. Temuan ini kemudian diteruskan ke Polsek Butuh. 
 
“Pertama yang menemukan warga yang merumput di dekat lokasi. Temuan ini selanjutnya kami laporkan ke polisi,” kata Budi Setiyanto.  

Petugas yang mendapatkan laporan kemudian mendatangi lokasi kejadian. Petugas kemudian memasang police line agar tidak ada warga yang mendekat. Proses evakuasi dilakukan oleh Tim Jihandak Gegana Satbrimobda Polda Jateng.  
 
Petugas gegana yang berpakaian khusus kemudian melakukan evakuasi. Mortir ini memiliki panjang 17 cm, dengan diameter 5 cm dan berat 1,5 kilogram. Saat ditemukan mortir ini sudah tanpa ekor.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: