Muhammadiyah Minta Masyarakat Pilih Hewan Ternak yang Sehat untuk Kurban

Antara · Kamis, 23 Juni 2022 - 09:08:00 WIB
Muhammadiyah Minta Masyarakat Pilih Hewan Ternak yang Sehat untuk Kurban
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (Foto : HO/PP Muhammadiyah)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pimpinan Pusat Muhammadiyah meminta masyarakat memilih hewan ternak yang sehat untuk disembelih saat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. Salah satu persyaratan dalam berkurban adalah hewan kurban tidak dalam kondisi sakit.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir meminta masyarakat dalam berkurban dapat mengikuti persyaratan sesuai syariat Islam.

Haedar mengiingatkan sebaiknya heaan ternak  yang untuk kurban, sebagaimana juga untuk disembelih untuk kepentingan konsumsi, yang betul-betul sehat. 

"(Kalau tidak sehat) dampaknya  tidak bagus kan untuk kesehatan," kata Haedar di Kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Rabu (23/6/2022).

"Kami imbau juga kepada masyarakat umum supaya berkurban dan menyembelih hewan kurban yang sehat yang sesuai dengan persyaratan dan tidak sakit," ujar dia.

Agar sebaran hewan kurban dapat menjangkau berbagai daerah, menurut dia, masyarakat juga dapat menyalurkan sebagian hartanya untuk membeli hewan kurban melalui Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LazisMu).

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: