Muhammadiyah Usul Pemerintah Terapkan PSBB Ketat, Minimal 3 Pekan

Fahreza Rizky ยท Rabu, 30 Juni 2021 - 14:45:00 WIB
Muhammadiyah Usul Pemerintah Terapkan PSBB Ketat, Minimal 3 Pekan
Polisi dan TNI menjaga perbatasan saat PSBB digelar beberapa waktu lalu. (Foto: Dokumentasi)

JAKARTA, iNews.id - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mendesak pemerintah memberlakukan lagi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)di Pulau Jawa minimal selama tiga pekan. Ini perlu dilakukan mengingat Indonesia sedang diterjang gelombang kedua penularan covid-19.

Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC), Agus Samsudin mengatakan pihaknya sudah mengirimkan surat kepada Presiden Jokowi pada 29 Juni 2021 terkait usulan tersebut.

"Pemerintah pusat dan pemerintah daerah perlu menerapkan kembali kebijakan PSBB seperti pada awal pandemi, paling tidak untuk seluruh provinsi di pulau Jawa selama minimal tiga minggu," kata Agus melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (30/6/2021).

Kebijakan PSBB ketat tersebut harus disertai dengan penegakan hukum yang tidak tebang pilih, penindakan tegas kepada para penyebar
informasi yang menyesatkan (hoaks/disinformasi), dan jaminan sosial bagi warga terdampak secara ekonomi selama PSBB tersebut diberlakukan.

"Pemerintah (perlu) menjamin ketersediaan fasillitas layanan kesehatan untuk pasien covid-19 dengan memastikan ketersediaan ruang perawatan di fasyankes, fasilitas isolasi pasien OTG di luar fasyankes, jaminan ketersediaan perangkat medis, alat pengaman diri, pasokan oksigen medis dan obat-obatan yang diperlukan," ucapnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: