Nelayan Hilang saat Buang Hajat Tak Kunjung Ditemukan, Operasi Pencarian Dihentikan

erfan erlin ยท Senin, 19 September 2022 - 18:44:00 WIB
 Nelayan Hilang saat Buang Hajat Tak Kunjung Ditemukan, Operasi Pencarian Dihentikan
Tim SAR gabungan saat mencari korban hilang. (Foto : Dok Sar Satlimnas Wilayah I Gunungkidul)

GUNUNGKIDUL, iNews.id- Setelah sepekan lebih melakukan pencarian terhadap Didit warga Kapanewon Girisubo yang hilang di tengah laut ternyata tidak ketemu. Tim SAR Gabungan akhirnya resmi menghentikan operasi pencarian nelayan yang dilaporkan hilang di perairan Pantai Sadeng.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Gunungkidul, Sunu Handoko ketika dikonfirmasi membenarkan penghentian pencarian kecelakaan laut (laka laut). Penghentian operasi pencarian resmi dilakukan pada Jumat (16/09/2022) lalu. Sesuai prosedur operasi pencarian akan dihentikan setelah memasuki hari ketujuh dinyatakan hilang.

Menurutnya, penghentian tersebut sudah sesuai dengan prosedur standar operasional yang dimiliki Basarnas, yaitu operasi hanya berlangsung selama 7 hari. Mereka mengakui kesulitan melakukan pencarian Karena luasnya area dan derasnya arus Pantai Selatan Gunungkidul.

"SAR Satlinmas melakukan operasi pencarian di 3 hari pertama dengan melakukan penyisiran menggunakan kapal sekoci dengan radius 60 mil laut,"ujar dia, Senin (19/9/2022).

Menurutnya operasi pencarian pun tidak bisa dilakukan dengan maksimal karena terkendala kondisi cuaca hujan angin dan gelombang laut tinggi. Pencarian akhirnya dimaksimalkan melalui  koordinasi dengan nelayan yang berada di tengah samudra.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: