Ngaku Petugas Keamanan Covid-19, Pria Ini Gondol 2 HP Warga di Alun-Alun Utara Yogya

Kuntadi ยท Senin, 22 Juni 2020 - 18:33 WIB
Ngaku Petugas Keamanan Covid-19, Pria Ini Gondol 2 HP Warga di Alun-Alun Utara Yogya
pelaku penipuan diamankan petugas Polresta Yogyakarta. Foto : doc Humas Polresta Yogyakarta

YOGYAKARTA, iNews.id – Mengaku sebagai petugas keamanan Covid-19, WS (29) warga Klaten, Jawa Tengah melakukan penipuan. Dia menggondol dua buah handphone milik korban yang tengah bermain di Alun-alun Utara Yogyakarta pada tengah malam.

“Pelaku kita amankan di Pojok Beteng Kulon, setelah korban melaporkan kasusnya ke polisi,” kata Kapolsek Gondomanan, kompol Purwanto, Senin (22/6/2020).

Kasus penipuan ini dilakukan oleh pelaku pada 7 Juni lalu. Saat itu pelaku mendatangi korban Herman Fauzi (26) warga Magelang yang tengah nongkrong di Alun-alun utara. Pelaku mengatakan jam bermain sudah lewat dan korban dianggap melanggar aturan.

Pelaku kemudian menyuruh korban datang ke kantornya untuk mengurus sanksi terhadap pelanggaran. Sebagai jaminan, pelaku meminta dua buah handphone milik korban. Pelaku kemudian kabur dan melarikan diri.

“Modusnya mengaku sebagai petugas keamanan, dan memanfaatkan badannya yang besar agar korban percaya,” katanya.

Kasubag Humas Polresta Yogyakarta, AKP Sartono mengatakan, dari pemeriksaan yang dilakukan ternyata pelaku merupakan residivis. Dia sudah beberapa kali melakukan penipuan dengan modus mengaku sebagai anggota. Terakhir pada 2018, mengaku sebagai anggota Resnarkoba kepada korbannya.

“Modusnya selalu mengaku petugas keamanan, untuk menipu korban,” ujarnya.

Pelaku akan dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang penipuan, dengan ancaman hukumannya maksimal empat tahun penjara.


Editor : Kuntadi Kuntadi