Oknum Polisi Minta Sekarung Bawang, Kompolnas Sebut Memalukan dan Minta Pelaku Dipecat

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 03 November 2021 - 10:39:00 WIB
 Oknum Polisi Minta Sekarung Bawang, Kompolnas Sebut Memalukan dan Minta Pelaku Dipecat
Kompolnas menyebut aksi oknum polisi yang meminta sekarangung bawang sangat memalukan institusi. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNews.id - Aksi polisi berinisial Aipda PDH yang diduga meminta sekarung bawang kepada sopir truk dinilai sangat memalukan institusi. Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyebut pelaku harus dipecat untuk memberikan efek jera pada lainnya. 

"Tindakan tersebut sangat memalukan. Seharusnya pelaku praktik-praktik pungli seperti itu dihukum pidana dan dipecat, agar ada efek jera bagi pelaku," kata Komisioner Kompolnas Poengky Indarti kepada MNC Portal Indonesia melalui pesan singkat, Rabu (3/11/2021). 

Poengky menilai peristiwa tersebut tidak hanya memalukan individu oknum tersebut namun juga instansi kepolisian secara keseluruhan. 

"Sangat disesalkan masih terjadinya praktik pungli di lapangan yang diduga dilakukan oknum polisi lalu lintas. Apalagi tingkah laku si oknum kemudian direkam dan diviralkan," ujarnya. 

Dia menilai perlu adanya penguatan sistem keamanan internal kepolisan dan perbaikan dengan di dalam diri para anggota terlebih dalam kultur bebas korupsi yang dapat ditanamkan dalam pendidikan.  

Polisi juga harus mengedepankan pendekatan teknologi untuk mencegah terjadinya kontak langsung dengan masyarakat. Semakin sedikit kontak langsung dengan masyarakat dapat meminimalisir terjadinya peristiwa pungli. 

"Anggota polantas yang bertugas juga harus dibekali body camera dan dashboard camera untuk mencegah penyimpangan anggota," tegasnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: