Okupansi Hotel di Jogja Mulai Meningkat, PHRI Sebut MICE Jadi Pemicunya

Antara · Jumat, 22 Oktober 2021 - 17:05:00 WIB
Okupansi Hotel di Jogja Mulai Meningkat, PHRI Sebut MICE Jadi Pemicunya
Tingkat okupansi hotel di Jogja mulai naik. (foto: antara)

YOGYAKARTA, iNews.id – Tingkat hunian kamar (okupansi) hotel di Yogyakarta mulai mengalami peningkatan, meski masih sebatas pada akhir pekan. Beberapa perusahaan swasta atau pemerintah mulai menggelar MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition) di hotel berbintang tiga ke atas. 

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranawa Eryana mengatakan, peningkatan okupansi ini baru dirasakan untuk hotel bintang tiga ke atas. Sedangkan untuk hotel non bintang dan bintang dua belum begitu signifikan. 

“Banyak perusahaan swasta dan pemerintah mulai menggelar MICE ini yang memicu okupansi mulai naik dalam beberapa waktu terakhir,” kata Deddy. 

Saat ini tingkat okupansi hotel bintang tiga sampai lima di Yogyakarta mencapai 40 persen. Sebelumnya okupansi hanya antara 10-20 persen. Sedangkan untuk hotel non bintang sampai bintang dua antara 20-40 persen.

“Karena belum semua destinasi dibuka, maka okupansi belum bisa meningkat signifikan,” katanya.

Deddy berharap pemerintah bisa segera membuka berbagai destinasi wisata di DIY sehingga akan berimbas pada meningkatnya okupansi seluruh jasa akomodasi pariwisata di wilayah tersebut. Jika dihitung sesuai ketentuan kamar yang diizinkan untuk menerima kamar hingga 70 persen. 

“Kondisi hotel belum kembali pulih seperti sedia kala, meski sudah mulai naik,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: