Pakar UGM Sebut Lewatkan Sarapan Bisa Turunkan Fungsi Otak Lho

puti aini yasmin ยท Sabtu, 26 Februari 2022 - 14:32:00 WIB
 Pakar UGM Sebut Lewatkan Sarapan Bisa Turunkan Fungsi Otak Lho
Makan pagi atau sarapan mempunyai manfaat yang sangat besar bagi tubuh. (Foto Ilustrasi : Ist)

JAKARTA, iNews.id - Makan pagi atau sarapan mempunyai manfaat yang sangat besar bagi tubuh. Melewatkan sarapan di pagi hari ternyata bisa menurunkan fungsi otak.

Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM), Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih mengatakan sarapan menjadi sumber energi bagi tubuh untuk beraktivitas di siang hari. 

“Kalau habis tidur 8 jam tidak makan dan minum otomatis kadar glukosa dalam tubuh rendah. Jika tidak mengonsumsi makanan setelah bangun tidur makan akan lemas karena tidak akan bahan bakar yang masuk,” kata dia dikutip dari laman resmi UGM, Sabtu (26/2/2022).

Mirza menambahkan manfaat dari sarapan selanjutnya adalah menjadi sumber energi bagi otak sehingga meningkatkan fungsi kognitif dan konsentrasi. Sebaliknya, jika tidak sarapan maka fungsi kognitif pada otak dapat berkurang.

“Glukosa dari karbohidrat menjadi energi bagi otak. Dengan sarapan otomatis membuat otak berfungsi dengan baik dan bagi anak-anak atau pelajar membantu meningkatkan kecerdasan memori mata pelajaran yang didapat,” ucapnya.

Selain itu, sarapan juga mampu menjaga suasana hati atau mood. Sedangkan jika berada dalam kondisi lapar, otak lelah dan memengaruhi mood saat belajar atau beraktivitas sehingga lesu ataupun mudah emosi.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: