Pangkalan Udara di Dekat Ibu Kota Moskow Diserang Drone Ukraina, Incar Pesawat Tempur Rusia

Anton Suhartono ยท Selasa, 06 Desember 2022 - 10:51:00 WIB
 Pangkalan Udara di Dekat Ibu Kota Moskow Diserang Drone Ukraina, Incar Pesawat Tempur Rusia
Pangkalan udara di dekat Moskow menjadi sasaran serangan drone Ukraina. (Foto Ilustrasi : Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Pangkalan udara di dekat Moskow menjadi sasaran serangan drone Ukraina. Serangan pada Senin (5/12/2022) ini menyasar pangkalan udara (lanud) yakni di Ryazan dan Saratov. 

Ini adalah serangan drone Ukraina yang berhasil menjangkau wilayah lebih dalam di Rusia. Akibat serangan pesawat tak berawak ini tiga tentara Rusia tewas dan empat lainnya luka. Ini adalah serangan terdalam ke wilayah Rusia sejak invasi pada 24 Februari lalu.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, serangan ini ingin menghancurkan pesawat-pesawat tempur jarak jauhnya yang tengah diparkir di kedua pangkalan tersebut.

"Rezim Kiev berusaha menghancurkan pesawat jarak jauh Rusia. Berupaya menyerang pangkalan militer Dyagilevo di wilayah Ryazan dan Engels yang berada  di wilayah Saratov. (Mereka) menggunakan drone jet buatan Soviet," ujar bunyi pernyataan Kemhan Rusia sepertidikutip dari Reuters, Selasa (6/12/2022).

Sejauh ini pemerintah Ukraina belum mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. Untuk diketahui 
Lanud Engels di dekat kota Saratov dan berjarak sekitar 730 km sebelah tenggara Moskow. Lanud ini menampung pesawat pengebom milik pasukan nuklir strategis Rusia.

Pesawat tanpa awak Ukraina terbang pada ketinggian rendah namun berhasil dicegat dan ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara Rusia. Sedangkan korban tewas berada di Lanud Ryazan, berjarak 185 km sebelah tenggara Ibu Kota Moskow.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: