Pantau Sembako di Pasar, Pemkot Yogyakarta: Harganya Stabil dan Tak Ada Kenaikan

Kuntadi ยท Rabu, 14 September 2022 - 21:41:00 WIB
Pantau Sembako di Pasar, Pemkot Yogyakarta: Harganya Stabil dan Tak Ada Kenaikan
Pemantauan harga sembako di pasar tradisional. (Foto: doc/iNews.id)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memastikan tidak ada kenaikan harga sembako yang signifikan pascakenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Untuk mencegah laju inflasi, akan digelar operasi pasar atau pasar murah.  

Pantauan harga bahan pokok ini dipimpin langsung penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi berserta instansi. Pengawasan dilaksanakan di Pasar Beringharjo dengan menemui pedagang beras, telur, ayam dan daging sapi. Rombongan juga meninjau Superindo XT Square dan Gudang Cadangan Pangan Kota Yogyakarta yang berada di Sekarsuli, Berbah.

“Hari ini kami melakukan pemantauan harga komoditas yang memungkinkan mendongkrak inflasi seperti beras, daging, sayur-sayuran,” katanya di Pasar beringharjo, Rabu (14/9/2022).

Sumadi mengatakan, dari hasil pemantauan tidak ada kenaikan harga sembako yang signifikan. Harga cenderung stabil dan relatif normal. 

“Kenaikan harga BBM dikhawatirkan akan memicu inflasi, namun harga kebutuhan di pasar relatif stabil,” katanya. 

Sumadi menyebut beberapa komoditas justru mengalami penurunan harga, seperti cabai keriting yang tadinya di atas Rp50.000 kini turun menjadi Rp35.000 per kilogramnya. Harga telur juga turun dari Rp30.000 menjadi Rp27.000 per kilogram.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: